Coretan Aqoe

Lebaran .... Melenceng & Salah Kaprah


Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri akan segera tiba, bagi umat Islam diartikan sebagai hari kemenangan. Pada umumnya Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan, hari menuju fitrah/suci, Hal ini disebabkan karena selama bulan Romadhon umat Islam melaksanakan penyucian dan pembersihan diri baik secara fisik maupun hati dengan memperbanyak amal soleh, Pada saat Lebaran yang biasanya dilaksanakan dengan silaturrohmi dan saling maaf memaafkan antar semua umat muslim.


Jadi klop sudah, setelah kita merawat hubungan kita dengan Sang Pencipta (hablumminallah) yang dilanjutkan dengan memperbaiki hubungan dengan sesama manusia (Habluminannas). Jadi dengan adanya bulan Romadhon dan Hari Raya Idul Fitri merupakan waktu yang sangat tepat dan penting untuk memperbaiki diri umat muslim.

Namun..
Kenyataan yang terjadi dimasyarakat kita bertolak belakang dengan hakikat lebaran itu sendiri. Makna dari lebaran menjadi melenceng jauh. Banyak sekali kita temui, moment lebaran dijadikan saat yang tepat untuk menunjukkan kemewahan dan kesombongan kita. Atau lebih tepatnya foya-foya
Kalau kita perhatikan pada saat lebaran...
  1. Sudah menjadi keharusan untuk memperbaiki rumah dengan mempercantik dan menghiasinya dengan barang-barang bagus dan mahal yang kita miliki. Apakah ini bukan sebuah kesombongan akan harta benda kita ….
  2. Baju, sandal, sarung, sepatu dan semua busana sepertinya mengharuskan untuk baru. Kita merasa  kurang afdol kalau kita tidak memakainya.
  3. Perhiasan yang kita miliki seringkali kita pakai secara berlebihan, mungkin dengan maksud supaya banyak orang tahu bahwa dia orang yang barada.
Kadangkala ada sebagaian masyarakat kita yang membenarkan atau menyetujui tindakan seperti yang dicontohkan diatas. Mereka dengan alasan "hanya setahun sekali".
tindakan pembenaran diatas sudah melenceng dan terjadi salah kaprah (bhs jawa) dari makna Idul Fitri itu sendiri.

Kemana makna lebaran yang sesungguhnya ..????
Penyucian diri
Mempertebal keimanan..
Kesederhanaan …
Ketulusan beribadah …
Apakah masih ada dalam diri kita dalam melaksanakan ibadah puasa dan merayakan Hari Raya Idul Fitri

Sesungguhnya kalau kita sadar dan dengan lapang jiwa, keberhasilan dari menjalankan ibadah puasa dan merayakan Hari Raya Idul Fitri adalah perubahan pada diri kita adalah perubahan menjadi yang lebih baik setelah kita melaksanakan semua itu. Kalau kita tetap saja seperti sebelum melaksanakan ibadah tersebut, maka tidak ada hikmah dan manfaat dari apa yang kita kerjakan.

Entahlah…
Saya........
Anda…...
Termasuk golongan yang mana… ????
Marilah kita dengan segala kelapangan jiwa mencoba instropeksi ???

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Reddit

14 Comments:

kawanlama95 said...

mas baner kreatif banget dah , moga dengan moment idul fitri ini menjadikan fitrah diri yang suci amien

Rizky2009 said...

wah ide mu kreatif juga sob jago desaian y sob.. mantab dah... salam kenal d tunggu coment dan folow baliknya kalau sempat

Rita Susanti said...

Hehehe, aku fikir tadi itu gambarnya iklan jamu mas:) Beneran, tapi pas udah lihat2 lagi baru deh ngeh ternyata itu hasil design mu yak, hebat dirimu kreatf mas!

KangBoed said...

Tertunduk ku dimalam ini
Terdiam mencoba berucap nada CINTA
Alunan Zikir alam semesta sayup terdengar
menyapa mesra diri lemah tiada daya
kudengungkan dalam qolbu terdalam
Nyanyian pengagungan dan penyembahan
Hadirkan diri dalam CINTA membara
Perlahan tapi pasti getar menyambut
Bagaikan gelombang membuat diri tergetar
Hanyut sudah dalam buaian syahdu
Diri hilang lenyap dalam pangkuanNYA
Terang benderang padang terawangan..
hilang.. lenyap.. tiada keberadaan..

doooooh nikmaaaaatnyaa

KangBoed said...

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaaaank
I Love U fuuulllllllllllllllllll

shanushy0809 said...

@kawanlama95, @rizky2009, @Rita Susanti
makasih. tapi isi posting lebih penting lho
@Kangboed :
Puitis banget, kapan-kapan boleh pesan puisi dong. Salam Tulus Ikhlas persahabatan

Yep said...

Lho...model iklan jamu itu sudah berubah ya ? :lol:

Yep said...

Iya yah...kayaknya sudah tradisi maunya serba baru. Tapi menurutku ngak apa2 juga, asalkan makna dari Idul Fitri tersebut seperti yang disebutkan di atas, sedangkan soal baju baru dll hanya embel2 dari kebahagiaan pada hari kemenangan :)

Iklan Gratis said...

Iya benar sekali, sekarang idul fitri sudah banyak yang melenceng dari makna yang sesungguhnya,
memang hari idul fitri itu adalah hari umat islam bersenang-senang, karena adalah hari kemenangan. tapi bukan berarti pula berlebih-lebihan.
Iklan Gratis

phonank said...

bener tuh... kayaknya yg kayak gtu udah ky tradisi,, anggepannya semua mesti baru,, padahal kan seperti ungkapan saja,, yang ,mesti diperbahaui adalah hati ini,, yg telah menjadi bersih setelah di gojlog di ramadhan

cahbagus said...

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 H
Mohon Maaf Lahir & Bathin

Salam utk keluarga di Jember Shan

Sukses selalau
wassalam

Zippy said...

Ia bener, sekarang udah melenceng dr maksud yang sebenarnya...
Btw, met lebaran, maaf lahir batin :)

Kang Nawar said...

Liasal'iidu man labisal jadiid,
walakinnal'iidu man taqwaahu yaziid....
Happy Idul Fitri,
semoga Anda termasuk Orang Yang Muttaqien. Amin

Waluyo jati said...

asslamu alaikum wr wb
ok saya sangat setuju artikel anda lebaran telah melenceng,

ini merupakan kegagalan para ulama dan ustad dan kiyai, gagal dalam mendidik umatnya, dan ini juga merupakan implementasi maupun cara hidup para ulama dan kiyai yang telah berpenampilan dan menumpuk kekayaan, dan tidak disadari telah menginspirasi umat seluruh indonesia,
coba lihat sekarang dimana ada seorang kiyai maupun ulama yang mau hidup bersahaja, dan berpenampilan sederhana, tidak adakan. jika ada itu 1000 dibanding 1orang
ini kegagalan pendidikan moral para kiyai dan ulama, semua sudah krisis,

terimakasih
wasalam

Post a Comment

Terima kasihkoe telah meluangkankan waktu sejenak melepas pandang pada blog yang hanya berisi,
Sekedar Berita,
Renungan Dangkal
dan Tips Ala Kadar.
.... Pada mas, mbah, bapak, ibu, kakek, nenek, adik, kakak
silahkan tinggalkan jejak...walau hanya sekedar coretan, celoteh...
... terima kasihkoe

Celoteh Shobat

 

Shanushy0809 Copyright © 2009 shanushy0809 is Designed by Lasantha
This template is Distributed by : Blogger Theme